Misteri Di Balik Video Lady Gaga - Bad Romance

Misteri Di Balik Video Lady Gaga - Bad Romance | The Facemash Post - Video dan penampilan Lady Gaga sangat simbolis dan berisi banyak pesan rahasia. Videonya yang berjudul Bad Romance, mendeskripsikan inner-working kegelapan dan ritualis di dalam industri hiburan dengan menggambarkan Lady Gaga sebagai budak seks. Artikel ini akan manganalisis simbol okultisme yang ada pada video ini dan juga arti tersembunyinya.

Video Bad Romance merupakan campuran dari simbolisme yang dalam dengan acak, fashion yang kreatif dengan penempatan korporasi produk dan kemunduran dunia modern dengan image religius. Semuanya diramu dalam selebrasi industri musik yang baik. Lady Gaga menggunakan aksi teatrikalnya yang aneh secara maksimum untuk mengejutkan, menakuti, dan membuat para penonton terpesona. Tedapat simbol okultisme yang melekat dengan imagenya menunjukkan keberadaan elemen mind control, dewa bertanduk Baphomet, organisasi rahasia, dan seterusnya.

Konsep Lagu Bad Romance

Bad Romance merupakan single pertama dari album Fame Monster Gaga. Jika anda melihat dari hasil karya Gaga sebelumnya, pesan utama dalam musiknya adalah bahwa ia mau melakukan apapun, bahkan mengorbankan dirinya untuk mendapatkan popularitas. Video ini memiliki tema yang sama dengan menggambarkan Gaga sebagai korban dari inner-workings dalam industri musik. Ia ingin hidup dalam Bad Romance bersama industry yang menyiksa, kejam, dan satanic. Ia menyadari segala keburukan dan kecacatan tersebut namun ia tetap ingin tetap ambil bagian melebihi apa pun. Ia adalah Fame Monster… ia hidup dari popularitas (fame).. ia menikmati menjadi terkenal (famous).. jika ia tidak terkenal, ia akan mati.. Lirik dari lagu ini sepertinya menggambarkan tentang dirinya yang ingin dijajah (get banged) oleh seorang psikopat, tapi video ini menunjukkan bahwa pada faktanya psikopat tersebut adalah industri musik.

Lagu dimulai dengan nyanyian aneh yang berbunyi, suaranya terdengar seperti biji salak;

Rah-rah-ah-ah-ah-ah!
Roma-roma-mamaa!
Ga-ga-ooh-la-la!
Want your bad romance
Ini adalah sejenis ocehan yang sering diteriakkan oleh orang-orang mabuk dalam pesta dansa disko. Apakah terdapat arti yang lebih dalam? Gaga mengucapkannya dengan aksen yang aneh dan gothic, seperti suatu mantra, sedikit mirip dengan”Bum-bum-bedum”-nya Disturbia Rihanna. Ra, seperti nama dewa matahari Mesir kuno, masih menjadi bagian penting dalam okultisme masa kini (lihat”Eye of Ra”, the All-Seeing Eye). Roma mungkin saja merujuk pada Gereja Katolik Roma, namun bisa juga diinterpetasikan dalam banyak cara, maka dari itu di sini tidak akan menginterpetasikannya.

I want your ugly
I want your disease
I want your everything
As long as it’s free
I want your love
(Love-love-love I want your love)


I want your drama
The touch of your hand
I want your leather-studded kiss in the sand
I want your love
Love-love-love
I want your love
(Love-love-love I want your love)
Baru saja, sangat jelas bahwa love (cinta) yang dicari oleh Gaga adalah wrong (salah) dan sick (sakit). Ia adalah budak seks dan tampaknya ia menyukainya. Ia tahu bahwa industri ini buruk namun ia tetap ingin masuk. Terdapat jelas suatu rasa sadomasochism, dimana ia telah mengetahui bahwa cinta (love) ini (sukses dalam industri musik) akan menyakiti dirinya dan memperlakukannya dengan buruk, namun ia siap untuk itu. Seperti apa yang akan kita paparkan pada videonya, juga terdapat arti spiritual dalam liriknya dimana fame (popular) sama dengan menyerah pada sisi gelap, satanic dari industri musik. Dengan kata lain, lagu ini juga tentang menyerahkan diri pada setan (evil) dan image dari videonya menguatkan fakta ini.

I want your horror
I want your design
‘Cause you’re a criminal
As long as your mine
I want your love
(Love-love-love I want your love-uuhh)


I want your psycho
Your vertigo stick
Want you in my rear window
Baby you’re sick
I want your love
Love-love-love
I want your love
(Love-love-love I want your love)
Disini lagi, terdapat campuran “horror“ dari kegelapan dengan referensi hardcore sex, yang menyampaikan bahwa ia ingin dimasukki (“penetrated”) oleh pengaruh kegelapan untuk mendapatkan kebaikannya. Terdapat rujukan pada Hitchcock movies (Psycho, Vertigo) yang dengan cerdik diubah menjadi lirik yang sexually explicit.

Selama bridge, Gaga bernyanyi dengan emosional “I don’t wanna be friends”. Ia tidak ingin menjadi suatu yang asing bagi industri musik, ia ingin menjadi bagian di dalamnya. Belakangan ia berkata “I want your love and, All your lovers’ revenge”, yang berarti ia menginginkan semua perhatian dari industri musik sampai pada titik dimana ia juga menginginkan kebencian (“hate”) dari artis lain yang cemburu padanya.

Pastinya, lirik merupakan sesuatu yang dapat diinterpetasikan menjadi makna apapun (open to interpetation), namun sisi visual dari videonya benar-benar memberikan makna tertentu pada liriknya. Gaga tidak bernyanyi untuk seseorang, tapi pada suatu perkumpulan, suatu entitas, suatu organisasi. Ia bernyanyi pada illuminati, pada industri musik, pada Baphomet: pada mereka yang memiliki pengaruh, kekuatan untuk membuatnya popular. Ia ingin menjadi bagian dari sistem yang korup dan menakutkan dan menulis Bad Romance dengannya.

Analisis Video Lady Gaga - Bad Romance

Videonya sendiri sangat padat dengan simbol dan image janggal, beberapa memang signifikan sedangkan yang lainnya cenderung acak. Terlihat sangat jelas, keseluruhan konsep merupakan alegori dari realitas dari kepopuleran. Ia berperan sebagai budak seks yang sudah dipengaruhi (mind-controlled) dan dibius (drugged) yang sudah dipersiapkan untuk dilelang pada mafia Rusia.

Jalan Cerita Utama Lady Gaga - Bad Romance

Gaga muncul dari apa yang terlihat seperti peti mati
Video Lady Gaga - Bad Romance dimulai dengan Gaga muncul dari apa yang terlihat seperti peti mati yang hi-tek atau sebuah tangki penghilang sensori (indera).

Lady Gaga menggunakan kaca mata hitam
Pada bagian awal video, inderanya dihilangkan. Entah itu matanya, telinganya, atau hidungnya ditutupi. Perampasan indera adalah teknik penyiksaan yang digunakan pada tahanan atau budak yang dipengaruhi (mind controlled) untuk menghancurkan (“break”) mereka dan untuk memfasilitasi re-edukasi. Ia masih pemula, seorang amatir dan ia tidak benar-benar tahu apa yang ia lakukan.

Who’s Tommy
Dalam satu adegan ia menggunakan kaca mata hitam dan berbicara pada dirinya sendiri melalui cermin.

Ini mirip dengan film Who’s Tommy, ketika seorang anak yang bisu, tuli, dan buta menjadi responsif hanya ketika ia melihat pada cermin. Film Who’s Tommy adalah tentang seorang anak yang menjadi bisu, tuli, dan buta setelah kejadian yang traumatik.

Gaga mandi untuk “membersihkan dosanya”
Gaga kemudian mandi untuk “membersihkan dosanya”, seperti apa yang dikatakannya dalam interview tentang video ini. Ia terbuka (“wide-eyed”) dan polos namun kita akan melihat secara perlahan ia akan berubah menjadi “Fame Monster”.

Gaga mengangkat tangannya dengan penuh pujian
Gaga yang polos mandi dengan mata besarnya yang polos. Kemudian secara kasar ia ditahan oleh dua orang wanita. Ia melawan mereka namun akhirnya ia menerima takdirnya dan bahkan mengangkat tangannya dengan penuh pujian.

Melalui video, terdapat perubahan berkali-kali antara keterpaksaannya untuk melaksanakan tugasnya sebagai budak dan keinginannya untuk bergabung bersama mereka. Selanjutnya, ia dipaksa untuk minum vodka, yang pada faktanya merupakan pengganti narkoba (drug) yang sering dilakukan MTV (MTV-friendly). Budak seks yang dipengaruhi (mind controlled) dimabukkan dengan berat (heavilly drugged) untuk membutakan pikiran mereka membuat mereka mudah dipengaruhi.

tampil dihadapan sejumlah pria
Gaga kemudian ditelanjangi dan dipaksa untuk tampil dihadapan sejumlah pria. Para mafia ini dapat menggambarkan illuminati, kekuatan gelap yang menguasai industri musik. Topeng-topeng menggambarkan watak yang tersembunyi. Setiap individu menggambarkan perusahaan rekaman, dan mereka akan menawar untuk melihat siapa yang akan mendapatkannya.

Satu detik lagi yang tersisa pada pelelangan pelayanan Gaga
Gaga tampak tahu dan siapa dan apa yang akan terjadi dan ia memilih untuk mempesona berberapa pria tertentu, yang tampak memiliki apa yang ia inginkan. Pria bertopeng tampak menikmati apa yang terjadi padanya dan memberikan tawaran untuk mendapatkannya.

Gaga menyelesaikan tugasnya
Kemudian Gaga harus menyelesaikan tugasnya sebagai budak seks seperti apa yang anda kira… berhubungan seks dengan pemenang lelang, maka dari itu ia beranjak ke ruangan yang sangat simbolik.

Tangannya diposisikan secara strategis di bawah kepala bertanduk. Sesaat setelahnya, api menyala, membakar ruangan.

Kepala kambing yang merujuk pada Baphomet
Pada setiap sisi dari tempat tidur terdapat kepala kambing, yang secara simbolis merujuk pada Baphomet, idola bertanduk dari okultisme barat.

Penggunaan sesuatu yang mirip Baphomet dalam industri musik sering ditemukan pada video musik atau gambar.

Lady Gaga berpose dengan cara yang sama seperti pada gambar Baphomet.

Kepala bertanduk yang diletakkan secara strategis telah muncul dalam video dan foto-fotonya.

Seperti apa yang telah dikatakan, kehadiran kepala-kepala bertanduk di ruangan tersebut bukanlah dekorasi biasa, ini sangatlah simbolis.

Gaga mempersembahkan dirinya
Gaga mempersembahkan dirinya (“offering herself”) pada altar Baphomet untuk diinisiasikan dan diterima dalam golongan. Ia tidak ingin menjadi teman (“to be friends”) dengan industri musik, ia ingin menjadi salah satu dari insider. (she’s not a “Fame Monster” for nothing). Selanjutnya, persembahan ini dimakan oleh api, bukan seks, karena ini adalah tentang Baphomet bukan pria Rusia. Ia hanyalah bermanfaat baginya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan…popularitas.

Ketika api mulai menyala, adegan lain diputar bersamaan menunjukkan Gaga dan penari bertopeng berpakain merah, warna dari pengorbanan dan inisiasi. Virginal garmen putih yang ia kenakan selama sebagian besar video digantikan oleh merah berdarah, konfirmasi visual yang menunjukkan bahwa kini ia terinisiasi dan diterima sebagai insider. Di VMA Awards 2009, kita lihat bahwa Lady Gaga muncul berpakaian merah secara total. Kode-kode dalam industri musik tampaknya digunakan secara berulang-ulang, video, award show, dan photo shoots.

Eye in the triangle
Gaga kemudian membuat gerakan tangan khasnya, “Eye in the triangle” setelah inisiasinya untuk memastikan secara jelas bahwa yang memilikinya sekarang adalah Illuminati.

Adegan terakhir menunjukkan Gaga berbaring di tempat tidur dengan tengkorak mafia Rusia yang terbakar.

semuanya terbakar kecuali dua kepala kambing
Perhatikan bagaimana semuanya terbakar kecuali dua kepala kambing, Intercourse yang sebenarnya terjadi antara Gaga dan Baphomet. Pria tersebut hanyalah alat, middle-man yang dikorbankan dalam proses inisiasi Gaga.

Jadi, Gaga masuk ke langkah yang harus dilakukan oleh mega-pop star untuk menjadi besar (“make it big”) dalam industri musik. Ia mendapatkan apa yang ia inginkan dan memainkan permainan dengan syaratnya sendiri. Mari melihat bagaimana hal ini bekerja untuknya.

Simbol Lain

karakter okultis Lady Gaga
Disamping symbol cerita utama, video ini dipengaruhi oleh sejumlah symbol lain dan image yang merupakan karakter okultis, berikut adalah beberapa dari mereka.

Simbolisme Matahari

simbol yang merujuk pada matahari
Terdapat banyak simbol yang merujuk pada matahari dalam video ini. Seperti yang dikatakan di atas, Ra adalah dewa matahari Mesir yang disebut beberapa kali dalam nyanyian magis serupa mantra “Rah-rah”. Pemujaan matahari merupakan inti dari misteri okultis yang dianggap sebagai representasi utama dari dewa.

Image matahari dalam bayangan berbentuk razorblade
Image matahari dalam bayangan berbentuk razorblade. Ia menggunakan baju emas. Emas adalah perwakilan matahari dalam okultisme.

Cahaya matahari emas membawa ia kembali ke kehidupan.

Simbolisme Anti-Kristus


Simbolisme Anti-Kristus
Kekristenan selalu menjadi musuh dari organisasi okultis rahasia.

Dugaan dan tuduhan seringkali datang dari kedua sisi dan seringkali membenarkan diri mereka masing-masing dengan menjelekkan yang lainnya. Ini pun direpresentasikan dalam video.

Kata “Monster” dengan salib Kristen terbali
Kata “Monster” dengan salib Kristen terbalik membuat suatu asosiasi secara di luar kesadaran.

Salib yang terasosiasi dengan kata “Monster” juga dapat dilihat dalam foto promosinya.

Perhatikan kedua tangannya.

Salib ditempatkan tepat di atas bagian tubuh pribadinya
Salib ditempatkan tepat di atas bagian tubuh pribadinya. Agama apapun anda, anda pasti tahu ini bukan merupakan suatu tanda akan penghormatan.

Gaga melakukan gerakan seperti tanda salib
Pada koreografi ini, Gaga melakukan gerakan seperti tanda salib namun gerakan tangannya justru menggambarkan segitiga (classic phallic Symbol). Silahkan lihat gambar segitiga berwarna merah pada gambar untuk membantu anda mem-visualisasikannya.

Simbolisme Monster Reptil


Simbolisme Monster Reptil
Pada beberapa adegan, Gaga perlahan mulai terlihat seperti monster reptile dengan focus pada tulang belakang.

Penekanan pada tulang belakang.

Mengapa tulang belakangnya bercahaya?
Kelelawar yang tampak marah pada kepalanya
Tonjolan tulang belakang
Kesimpulan Misteri Di Balik Video Lady Gaga - Bad Romance

Sejauh ini video Lagu Bad Romance Lady Gaga merupakan video yang paling padat dan paling simbolisme dalam analisis ini. Ini merupakan deskripsi metafora namun akurat dari langkah yang harus diambil untuk menjadi bagian dalam “mega-pop-star machine”. Pengabdian, pengendalian, negosiasi bisnis, inisiasi, kerahasiaan dan rangkulan dari kekuatan kegelapan semuanya direpresentasikan dalam video ini.

Sekali diartikan, lagu ini menggambarkan Bad Romance dari industri musik. Mereka menggunakan artis, memucikarikan mereka, mengkhianati mereka dengan artis baru yang lebih hot, dan terakhir membuang mereka ketika mereka kehilangan daya tarik.

Gaga, “Fame Monster” ingin diperlakukan demikian, mengetahui bahwa tidak ada lagi jalan untuk mendapatkan popularitas mendunia. Seseorang mungkin kreatif dan memiliki bakat, namun popularitas hanya dapat dicapai melalui pencahayaan yang disediakan oleh media.

Mereka dimiliki oleh elit rahasia, digambarkan oleh topeng-topeng pada wajah si penawar dalam video Bad Romance lebih dari sekedar menyediakan simbolisme subversif pada generasi MTV, namun memberikan deskripsi industri musik yang dikuasai oleh kaum elit yang membuat bulu kuduk berdiri.(mureo.com)
Copyright © The Facemash Post. Designed by OddThemes