Tidak Bisa Online (sama sekali) via Modem StarOne

Wednesday, December 15, 2010

imroee.blogspot.com - Tidak Bisa Online (sama sekali)

Beberapa hari ini saya sama sekali tidak bisa Online memantau sejauh mana perkembangan blog ini, apalagi update postingan. Sesuatu sedang melanda, yang memutuskan hubungan antara saya dan blog ini. Sedikit ngeri jika hal seperti ini berlangsung lama, sangat mengerikan malah: calon penghuni kuburan dunia maya [courtesy of diptara.com]; blog ini akan terkesan PENGECUT (PENGEdar ikan cuCUT), kata seorang peserta IMB 2, Pikacu. Tidak related memang, but whatever...

Bicara soal mengerikan, Minggu, 12 Desember 2010, malam dimana hantu masih berkeliaran (sekitar pukul 03:00), saya sedang asyik mengunjungi blog demi blog, baca, komen, dan kembali ke dasbor melihat statistik pageview blog ini yang jumlahnya hanya beberapa butir. Blog yang malang.

Saat itulah insiden mematikan pun terjadi, tiba-tiba koneksi internetnya terputus. Ketika komputer saya tidak bisa terhubung dengan dunia maya setelah sudah mecoba beberapa kali melakukan koneksi, saya lebih memilih untuk tidur saja, mungkin esok akan lebih baik, berharap ini hanya gangguan temporer.

Namun ketika saya terbangun di siang hari yang bolong, tepat mahari berada di atas atap rumah, keringat membasahi tubuhku karena kepanasan di dalam kamar, langsung saja saya tekan tombol power komputer. Hasilnya, gangguan itu masih saja bersarang, sampai sekarang! Postingan ini via warnet tetangga.

Masalahnya seperti ini:

Di atas adalah penampakan Software untuk modem CDMA StarOne Indosat. Modem ini bisa digunakan bukan hanya untuk internetan tetapi juga bisa digunakan untuk mengirim SMS, menerima SMS, melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan. Untuk melakukan koneksi internet tinggal menekan tombol "Connect", tentunya setelah modem sudah tertancap di komputer atau labtop dengan sempurna tanpa cacat.

Dalam keadaan terkoneksi, tombol Connect akan berubah menjadi Connected. Urutan tulisan yang muncul disamping kiri tombol Connect: Ready Mode - Connecting Device - Authenticating - Connected. Jika sudah dalam keadaan demikian, maka kita siap untuk berselancar di dunia maya. Namun kali ini urutannya jadi seperti ini: Ready Mode - Connecting Device - Authenticating - Connect Unsuccessfully - Ready Mode. Maski saya sudah coba beberapa kali menekan tombol Connect, tetap saja hasilnya nihil.

Apakah ini gangguan jaringan Indosat, terutama untuk kartu CDMA StarOne, pulsanya habis, atau modem atau komputer saya yang rusak, saya tidak tahu. Karena itu, saya membeli kartu baru, mencoba kembali melakukan koneksi internet dan hasilnya masih sama. Sebelumnya, saya juga mengrim pesan dengan mengetik INTERNET HRN untuk internet unlimited harian ke 7825 tapi tidak ada balasan dari 7825 bahwa internetnya sudah aktif.

Dengan menggunakan kartu yang barus saya beli dan juga kartu sebelumnya, saya bisa melakukan panggilan telpon lewat PC serta mengirim pesan, yang artinya modem dan komputer bukanlah masalah di balik ini.

Saya sudah coba menghubungi operator Indosat di nomor 111, katanya koneksi internet untuk kartu baru saya belum aktif. Si operatornya bilang, untuk mengaktifkan koneksi internet unlimited harian, mingguan atau bulanan, terlebih dahulu harus melakukan panggilan keluar, berapapun jumlah pulsa yang terpotong baru kemudian kirim INTERNET HRN/MGN/BLN ke 7825. Semua sudah saya lakukan, tapi tidak ada pemberitahuan dari 7825 bahwa internetnya sudah aktif.

Sampai sekarang saya belum bisa internetan di dalam kamar saya. Jujur, saya tidak pernah puas menggunakan modem StarOne ini. Masalah klasik: Lambat bangetz! Saya Tergoda oleh harga dan tarif yang murah. Dan itu membuat saya seperti burung hantu, sering sekali begadang demi bisa menikmati internet yang lebih cepat di malam hari. Padahal, Roma Irama bilang: Begadang jangan begadang kalau tidak ada artinya. Nasib (memang)!

Tidak Bisa Online (sama sekali) - imroee.blogspot.com

0 komentar: