Rahasia Program Helikopter Siluman Terungkap di Tempat Panggerebekan Osama Bin Laden

Friday, May 6, 2011

Sebelum tim elit Amerika Serikat, Navy SEALs, melakukan serangan berani yang berhasil melumpuhkan Osama bin Laden, tim tersebut secara diam-diam menyelinap ke markas target. Manurut para ahli analisis penerbangan, serangan itu sangat rahasia dimana menggunakan helikopter yang telah dimodifikasi, disebut helikopter siluman yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Rahasia Program Helikopter Siluman Terungkap di Tempat Panggerebekan Osama Bin Laden - the facemash post

Rahasia Program Helikopter Hantu Terungkap di Tempat Panggerebekan Osama Bin Laden - The Facemash Post - Dalam operasi yang dihargai dengan nyawa pemimpin al Qaeda tersebut, salah satu dari dua helikopter Blackhawk yang membawa anggota SEALs ke kompleks Osama bin Laden di Pakistan menyerempet salah satu dinding rumah persembunyian Osama Bin Laden dan terpaksa melakukan pendaratan keras. Di akhir misi, helikopter tersebut dihancurkan dengan bahan peledak oleh tim SEALs.

Tapi ada bagian ekor helikopter yang tersisa yang telah dimodifikasi menimbulkan desas-desus keberadaan program helikopter siluman. Ekor helikopter yang telah dimodifikasi tersebut dapat mengurangi suara ribut pada rotor belakang dan menggunakan bahan khusus berteknologi tinggi mirip dengan yang digunakan pada pesawat tempur siluman, mantan pejabat Departemen Pertahanan dan wakil presiden dari Lexington Institute, Dan Goure mengatakan bahwa helikopter tersebut tidak seperti yang dia pernah lihat sebelumnya.

Selain dimodifikasi untuk mengurangi suara berisik, seorang mantan penerbang operasi khusus mengatakan kepada The Army Times bentuk umum yang tersisa dari pesawat meliputi sudut yang tajam dan permukaan datar lebih umum untuk jet siluman, adalah bukti lebih lanjut helikopter tersebut merupakan varian Blackhawk yang dimodifikasi.

Seorang pejabat senior Pentagon mengatakan kepada ABC News bahwa Departemen Pertahanan AS tidak akan mengomentari sesuatu yang berkaitan dengan burung yang telah hancur itu.

Tetangga Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, mengatakan kepada ABC News bahwa mereka tidak mendengar helikopter terbang pada malam serangan yang terjadi pada hari Minggu 1 Mei sampai helikopter itu tepat berapa di atas kepala. Penutup rotor bersama dengan desain rotor khusus dapat menekan kebisingan helikopter saat terbang, kata Bill Sweetman, editor dan kepala Teknologi Pertahanan Internasional.

"Helikopter menghasilkan suara rotor perkusif yang sangat khas yang disebabkan oleh baling-baling rotor itu sendiri dan jika Anda dapat memadukannya, tentu saja itu menghasilkan suara yang kemungkinannya jauh lebih kecil untuk didengar dan jauh lebih mungkin untuk berbaur ke dalam setiap kebisingan yang ada, " kata Sweetman.

AS telah berusaha untuk menggunakan helikopter siluman sebelumnya. Pada pertengahan tahun 90-an, Angkatan Darat AS mengembangkan beberapa prototipe helikopter Comanche, sebuah helikopter pengintai yang pada saat itu adalah sebuah langkah revolusioner dalam teknologi siluman. Tetapi pada tahun 2004 Departemen Pertahanan AS membatalkan program tersebut dan berjanji untuk menggunakan teknologi yang dikembangkan itu untuk pesaawat Comanche lainnya.

Sejak itu, pemerintah AS telah mendiamkan tentara Angkatan Darat helikopter Blackhawk, tetapi sebuah program resmi untuk helikopter siluman tidak pernah dipublikasikan. Reruntuhan pesawat, seperti kata Sweetman, adalah yang pertama dilihatnya di depan publik tentang operasional sebuah helikopter siluman yang dimodifikasi.

Menurut Dan Goure, ia percaya Blackhawks diam-diam telah digunakan selama bertahun-tahun tanpa sepengetahuan publik.

Rahasia Program Helikopter Siluman Terungkap di Tempat Panggerebekan Osama Bin Laden - the facemash post

Dengan munculnya sejumlah foto sisa helikopter yang diambil dari lokasi kecelakaan di bawah terpal, Richard Clarke, mantan penasihat kontraterorisme Gedung Putih dan konsultan ABC mengatakan, pejabat AS mungkin punya alasan untuk khawatir tentang bagian-bagian helikopter yang akan dieksploitasi oleh Cina.

"Mungkin ada orang di Pentagon tadi malam yang sangat prihatin bahwa potongan-potongan helikopter mungkin, bahkan sekarang, dalam perjalanan ke Cina, karena kita tahu bahwa Cina sedang mencoba untuk membuat pesawat siluman," katanya. Militer Cina dikenal memiliki hubungan erat dengan militer Pakistan.

Rahasia Program Helikopter Siluman Terungkap di Tempat Panggerebekan Osama Bin Laden - The Facemash Post

0 komentar: