The History of The Day: Michael Faraday (1791 - 1867)

MICHAEL FARADAY (1791 - 1867)

The History of The Day: Michael Faraday (1791 - 1867)Michael Faraday adalah seorang ahli kimia dan ahli ilmu fisika asal Inggris yang memberikan banyak kontribusi dalam studi keelektromagnetan dan elektrokimia.

Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di bagian selatan London, Inggris. Beliau terlahir bukan dari keluarga orang kaya, karena itu Michael Faraday mengenyam pendidikan formal hanya pada tingkat sekolah dasar.

Ketika Michael Faraday berumur 14 tahun, ia belajar banyak di tempat penjilidan buku selama tujuh tahun, dan disinilah ia banyak membaca buku-buku ilmiah dalam cakupan yang lebih luas. Tahun 1812, Michael Faraday menghadiri empat kuliah yang diberikan oleh seorang ahli kimia, Humphry Davy dari Royal Institution. Michael Faraday sesudah itu menulis surat kepada Davy, meminta untuk dipekerjakan sebagai asistennya, Davy pun meresponnya dengan baik dan langsung menjadi asistennya. Tak lama kemudian yaitu pada tahun 1813, Michael Faraday bukan lagi menjadi asisten Davy tetapi menjadi asisten kimia untuk Royal Institution.

Setahun kemudian, Michael Faraday diundang untuk menemani Davy dan istrinya dalam perjalan keliling Eropa selama 18 bulan. Beberapa Negara yang mereka kunjungi seperti Prancis, Switzerland, Italia dan Belgia, disana mereka bertemu dengan para ilmuwan yang berpengaruh. Setelah menyelesaikan tour mereka tahun 1815, Michael Faraday melanjutkan bekerja di Royal Institution, membantu eksperimen-eksperimen yang dilakukan Davy dan para ilmuwan lainnya. Tahun 1821 Michael Faraday mempulikasikan hasil kerjanya yaitu rotasi medan elektromagnetik (prinsip di balik motor listrik). Sepanjang tahun 1820-an, Ia disibukkan dengan riset-riset dalam dimensi yang lebih kecil bersama dengan proyek-proyek yang lain. Pada tahun 1826, ia mendirikan Royal Institution's Friday Evening Discourses dan pada tahun yang sama Christmas Lectures pun terbentuk, kedua-duanya masih berlanjut sampai sekarang. Dia sendiri memberi banyak kuliah dan mengukuhkan dirinya sebagai dosen bidang ilmiah terkemuka pada masanya.

Lanjut pada tahun 1831, Michael Faraday menemukan induksi elektromagnetik yang merupakan prinsip di balik trasformator dan generator. Penemuan ini yang paling krusial karena listrik mulai menjelma menjadi teknologi baru yang tangguh. Selama sisa dari dekade, ia terus mengembangkan gagasan-gagasannya tentang listrik. Ia juga sebagian bertanggung jawab terhadap beberapa kata yang sudah familiar di telinga kita seperti elektroda, katoda dan ion. Dengan pengetahuan Michael Faraday yang ilmiah itulah, beberapa lembaga resmi memanfaatnya untuk penggunaan praktis di lapangan, termasuk sebagai penasehat ilmiah untuk Trinity House (1836-1865) dan sebagai Professor kimia untuk The Royal Military Academy di Woolwich (1830-1851).

Bagaimanapun, pada awal 1840-an, kesehatan Michael Faraday mulai memburuk dan lebih sedikit riset yang ia lakukan. Michael Faraday meninggal pada tanggal 25 Agustus 1867 di Hampton Court, tempat dimana ia diberikan sebuah penghargaan atas kontribusinya terhadap dunia science. Beliau memberikan namanya yaitu 'Farad', yang sebenarnya hanya digunakan sebagai satuan dari suatu unit untuk pengisian muatan listrik akan tetapi kemudian berkembang menjadi satuan kapasitansi listrik dari sebuah unit seperti kapasitor.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah siapa yang mempunyai gagasan untuk merubah generator arus searah (generator DC) menjadi generator arus bolak-balik (generator AC)? Apakah Michael Faraday? Dibandingkan generator DC, Generator AC mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh generator DC.

The Facemash Post | The History of The Day: Michael Faraday (1791 - 1867)
Copyright © The Facemash Post. Designed by OddThemes